Beberapa dari anda mungkin sudah akrab tentang sejarah di Indonesia. Bahkan selain sejarah tentang masa penjajahan, zaman pra-sejarah juga turut di pelajari saat masih di sekolah dasar. Diberitahu bahwa dulunya kerajaan Kutai merupakan kerajaan pertama yang ada Di Indonesia dan Belanda pun telah menjajah di Indonesia sudah 3,5 abad.

Namun baru baru ini telah munculnya fakta unik lagi mengenai sejarah kita yang bahkan tidak ada di ajarkan saat masih di sekolah.

Koran Pertama Di Indonesa Yang Terbit Adalah Koran Yang Sama

Dikala itu Sang Jenderal Belanda yang bernama Jan Pieterszoon Coen memberi perintah kepada anak buahnya membuat selembaran berita internal yang mempunyai informasi tentang keberangkatan dan kedatangan kapal-kapal yang akan berniaga. Lembaran berita tersebut pun telah dibuat sebanyak 4 halaman dan telah diberi nama Memorie der Novelles.

Itulah cikal bakal terbentuknya koran Bataviase Nouvelles yang akhirnya diterbitkan pada tanggal 7 Agustus 1744.  Koran itu merupakan koran yang pertama kali diterbitkan di Batavia maupun Indonesia.

Namun sungguh disayangkan pada tanggal 20 November 1745 koran ini di beredel oleh anggota dewan. Karena Direktur VOC takut terlalu banyak rahasianya terbongkar ke publik.

Marco Polo Sempat Bertemu dengan Kanibal Di Nusantara

Ternyata sang pelaut yang berkelilin dunia menggunakan kapal ini pada tahun 1292 sempat ke Nusantara. Dia sangat terkejut karena dia melihat adanya kanibal di pesisir Sumatra.

Saat berada di area Kerajaan Dagroian (Aceh), Marco polo sempat melihat adanya masyarakat setempat yang makan daging kerabat mereka yang sakit dan tidak dapat disembuhkan lagi.

Dia menceritakan pada saat dia berada di daerah itu, saat ada kerabat dari penduduk sana sakit, maka merekan akan memanggil penyihir untuk mengecek apakah bisa sembuh atau tidak. Jika tidak dapat sembuh lagi maka mereka akan memanggil orang yang khusus untuk membunuh kerabat yang sakit tersebut. Dan kemudian dagingnya akan dimasak dan di makan.

Itulah beberapa fakta fakta unik yang mungkin tidak akan ada yang mengajarinya di sekolah.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *