Mungkin sudah tidak asing lagi dengan labu kuning dan labu siam, namun pernah kah kalian mencoba untuk konsumsi labu air, dimanan rasa labu tersebut yang tawar sehingga kurang diminati oleh banyak orang. Sebenarnya sayuran yang satu ini mempunyai banyak nutrisi yang terkandung. Dengan memakan labu air yang telah dipercaya memberikan bermacam manfaat bagi kesehatan.

Labu air adalah jenis buah dari tanaman rambat yang mempunyai nama ilmiah Lafenaria siceraria. Labu yang satu ini memiliki bentuk yang lonjong dan daging yang buah yang berwarna putih dengan warna kulit hijau. Labu air yang biasa telah dimasak akan mempunyai rasa yang tawar dan serupa dengan mentimun.

Ada beberapa macam nutrisi yang terkandung di dalam labu air tersebut. Berikut ini merupakan manfaat dengan konsumsi labu tersebut:

1. Memiliki potensi menurunkan risiko kanker

Labu air mempunyai manfaat untuk turunkan risiko terjadinya kanker dengan antioksidan yang terkandung didalamnya. Sayuran yang satu ini mempunyai banyak kandungan anthraquinone dan quercetin. Kedua kandungan tersebut mempunyai sifat antiangiogenesis yang bisa mengontrol tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

antiangiogenesis sendiri mempunyai fungsi untuk menghambat pertumbuhan pada pembuluh darah sehingga memmbuat jaringan sel kanker sulit untuk tumbuh dengan baik. Seperti yang sudah diuji pada eksperimen bahwa antioksidan pada labu air mempunyai potensi yang sangat bagus untuk menghambat penyebaran sel kanker ke dalam tubuh.

Konsumsi labu air yang tidak akan sulit, pasalnya kalian tidak perlu repot untuk mengubahnya menjadi ekstra seperti yang dilakukan oleh ilmuan. Kalian hanya perlu memiliki labu air menjadi salah satu sayuran yang dapat dikonsumsi setiap harinya.

2. Mendapatkan beragam nutrisi

Labu air merupakan salah satu saryuran yang mempunyai nutrisi yang cukup banyak. 100 gram dari labu air tersebut mempunyai kandungan 0.2 gram lemak, 0.6 gram protein, serta 3.8 gram karbohidrat. Dengan kandungan airnya yang tinggi, membuat sayuran yang satu ini memiliki kandungan 19 kalori.

Dengan komsumsi labu air memberikan tubuh kalian zat besi, kalium, natrium, fosfor hingga kalsium. Selain dari pada itu juga ada mengandung banyak bitamin C, A, B3, B2, dan B1.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *