Alergi pada makanan biasanya akan ditandai dengan adanya gejala diare, hidung berair, bengkak pada bagian wajah, gatal-gatal, dan muntah. Namun kalian tenang saja, dimana ada beberapa cara untuk bisa kalian lakukan untuk bisa mengatasi alergi pada makanan.

Alergi pada makanan bisa dikarenakan adanya kesalahan pada sistem imun yang mengenal protein pada makanan sebagai zat yang berbahaya bagi tubuh dan harus dihilangkan. Gejala alergi pada makanan biasanya akan muncul pada saat sistem imun lepaskan histamin dan antibodi yang bisa munculkan reaksi negatif. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut:

1 Minum air dengan cukup

Ada sebagian orang yang mengalami alergi makanan bisa sebabkan muntah-muntah dan juga diare yang bisa membuat kalian dehidrasi. Untuk bisa mengatasi gejala alergi makanan yang satu ini dapat kalian dengan berusaha untuk minum air dengan cukup dalam sehari-hari. Bukan hanya dari air putih saja, kalian juga bisa mencoba untuk bisa dapatkan asupan cairan dari buah atau makanan yang berkuah dan pastinya tidak dapat memicu alergi kalian.

2. Kompres es

Kompres menggunakan es pada kulit bisa dijadikan salah satu cara lain dalam mengatasi bengkak ataupun gatal yang disebab kan oleh alergi makanan. Kalian bisa mencoba untuk kompres kulit dengan es yang telah dimasukan pada plastik yang bersih dengan ukuran yang sedang serta dibalut dengan waslap tipis. Kemudian letakkan kompres pada kulit gatal dengan waktu sekitar 10 sampai dengan 15 menit.

3. Berendam air hangat

Dengan berendam di air hangat juga dapat dijadikan salah satu cara untuk mengatasi rasa gatal yang disebabkan oleh alergi pada makanan. Berendam air hangat juga bisa membuat badan kalain bisa terasa lebih rileks dan gatal pada kulit juga dapat sedikit mereda. Kalian juga bisa lakukan perawatan gatal yang disebabkan alergi makanan tersebut dengan cara mencampurkan air hangat dengan oatmeal yang telah ditumbuk halus sampai menjadi bubuk.

Oatmeal diyakini bisa untuk meredakan peradangan pada kulit ketika gatal-gatal. Namun perlu kalian ingat bahwa bukan air panas, namun berendam dengan air yang hangat. Bila berendam dengan air yang panas malah akan bisa membuat kulit menjadi kering dan semakin iritasi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *