Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat menyehatkan tubuh sebab dapat kuatkan seluruh otot tubuh kalian. Olahraga air ini dapat kalian lakukan pada pagi, siang, bahkan malam hari. Akan tetapi berenang pada malam hari apakah diperbolehkan?

Dalam memilih waktu untuk berenang juga merupakan hal yang penting seperti pemanasan sebelum masuk ke dalam air. Sebab, pada saat kalian berenang pada jam diatas 10 pagi dan bukan di dalam ruangan, sinar matahari mungkin saja akan bisa mempengaruhi kesehatan kulit kalian.

Bila kalian berenang pada dalam ruangan, sinar UV sudah pasti tidak akan bisa memberi dapat pada kesehatan kulit kalian. Bahkan, cukup banyak orang yang melakukan olahraga yang satu ini pada malam hari agar dapat menghindarkan rasa panas pada pagi harinya.

Seperti yang disampaikan dari Harvard Health Publishing, para ahli sebenarnya tidak menyarankan untuk olahrga yang satu ini dilakukan pada malam hari agar kebersihan ketika tidur tidak terganggu.

Akan tetapi, baru baru ini para peneliti menyampaikan bahwa kalian dapat berenang pada malam hari. Namun hal tersebut harus dilakukan dengan syarat agar hindari aktivitas fisik yang berlebihan paling tidak satu jam sebelum tidur.

Olahraga pada malam hari yang terlalu berat bisa meningkatkan suhu tubuh dan akan bisa membuat kalian menjadi sulit untuk tidur. Dengan begitu kalian bisa berenang pada malam hari bila kalian 1 jam atau lebih sebelum tidur.

Setelah kalian mengetahui bahwa diperbolehkan untuk berenang pada malam hari, kalian juga perlu tahu bahwa ada keuntungan bila kalian lakukan olahraga air ini pada saat malam hari:

1. Membakar kalori pada hari itu

Berenang pada malam hari ternyata baik bagi orang yang ingin membakar kalori pada hari itu.

Tubuh akan bisa membakar kalori yang lebih banyak ada saat kalian melakukan olahraga dengan tempo yang lebih cepat dan jarak yang jauh. Berenang merupakan olahraga yang mempunyai kedua syarat tersebut.

Dengan olahraga air ini jauh lebih cepat, contohnya seperti menggunakan gaya bebas, yang mempunyai potensi membakar kalori lebih baik.

2. Tidak terpapar sinar UV

Alasan mengapa ada beberapa orang yang lebih memilih untuk berenang di malam hari dikarenakan untuk menghindari terpaparnya sinar matahari. Paparan sinar matahari berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan sistem imun, mata, dan juga kulit.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *