Bila rambut mengalami kerontokan, kalian mungkin saja akan bisa menjadi khawatir dengan kebotakan. Bila kalian mengalami kerontokan rambut mencapai 40 sampai 100 helai perharinya masih terbilang normal. Hal tersebut tidak akan bisa sebabkan masalah sebab rambut akan tubuh yang baru lagi. Akan tetapi, masalah akan muncul apabila kerontokan rambut tidak disertakan pertumbuhan rambut yang baru atau juga pada saat folikel rambut menjadi rusak dan akan terganti dengan jaringan parut. Bila hal tersebut terjadi, kalian mungkin saja akan mengalami kebotakan pada rambut. Ini pasti adalah suatu yang tak diinginkan bagi semua orang, terkecuali bagi orang yang ingin kepala mereka botak.

Kepala akan bisa menjadi botak dengan kerontokan pada rambut yang berlebihan yang bisa dikarenakan beberapa macam faktor. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang bisa sebabkan terjadinya kebotakan:

1. Faktor Kondisi pengobatan dan medis

Bila rambut rontok secara tiba-tiba atau bila semua folikel rambut yang mempunyai ukuran yang sama, hal tersebut mungkin saja bukan dikarenakan oleh faktor keturunan saja namun bisa disebabkan oleh faktor kondisi medis. Dengan kondisi medis yang bisa sebabkan pola yang tak biasa pada rambut rontok, kebotakan sebagian, rambut yang patah, kulit kepala yang mengelupas, nyeri, kemerahan, ruam yang bisa berujung kebotakan.

Ada bermacam kondisi medis yang bisa sebabkan kerontokan pada rambut dan dapat membuat kebotakan, contohnya seperti sindrom polikistik yang biasanya terjadi bagi wanita, penyakit autoimun, anemia, serta gangguan kelenjar tiriod.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun bisa saja menyerang pada folikel rambut. Yang bisa sebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba dan bisa tinggalkan bekas halus di kulit kepala kalian. Serta bisa hasilkan botak yang memiliki bentuk lingkaran kecil pada kulit kepala. kerontokan pada rambut ini juga bisa disebut sebagai alopecia areata.

2. Faktor keturunan

Sangat banyak kasus kebotakan dikarenakan dari faktor keturunan. Pola pada kebotakan dengan wanita akan berbeda dengan pola pada kebotakan pria. Umumnya kebotakan yang satu ini bisa terjadi dengan bertahap. Kebotakan pada pria biasanya diawali dengan adanya garis dahi yang semakin mundur, dan juga akan bisa terlihat kebotakan kecil di kulit kepala. Sedangkan pada wanita, kebotakan akan terlihat mulai dari dengan rambut yang semakin menipis.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *