Nah bagi anda yang sedang ingin berlibur ke Kalimantan, janganlah lupa mencoba juga kulinernya. Kuliner di kalimantan cukup unik dan lezat.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Kalimantan yang cukup terkenal.

1. Manday

Ini merupakan makanan khas Kalimantan yang berbahan baku cempedak. Konon katanya hidangan yang lezat ini hampir mirip dengan gudeg yang merupakan makanan khas Jogja. Namun karena ini terbuat dari cempedak, maka rasanya pasti memiliki sedikit rasa asam dan gurih.

Sebelum di olah, cempedak ini haruslah diawetkan terlebih dahulu menggunakan garam. Setelah di diamkan beberapa hari, barulah cempedak yang sudah di awetkan bisa dimasak dengan bumbu rempah.

2. Soto Banjar

Soto Banjar ini merupakan makanan yang paling dicari cari jika ada wisatawan lokal maupun manca negara saat datang berwisata ke Kalimantan. Soto Banjar cukup berbeda dengan soto pada umumnya. Soto ini tidak disajikan bersama dengan lontong ataupun nasi seperti pada umumnya, namun ini disajikan dengan ketupat.

Soto ini menggunakan rempah khas seperti cengkeh, kayu manis, dan biji pala. Jadi rasanya bakal sangat nikmat dan gurih. Ditambah topping suwiran ayam, kubis, telur dan wortel membuat soto banjar ini semakin nikmat.

3. Ketupat Kandangan

Makanan ini disebut sebagai ketupat kandangan karena masakan ini merupakan masakan khas daerah Kandangan di Kalimantan Selatan. Kalau di pulau Jawa ketupat/lontong disajikan bersama opor ayam atau sayur pepaya. Di Kalimantan ini disajikan dengan ikan gabus.

4. Iwak Pakasam

Makanan ini masih termasuk makanan khas orang Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Iwak pakasam ini merupakan makanan yang dibuat dari ikan air tawar yang sudah di fermentasikan.

Untuk ikan air tawar yang digunakan juga bukan sembarang ikan namun yang dipakai ialah ikan sepat, ikan papayu, ikan gabus & ikan mangki.

Setelah di fermentasikan menggunakan taburan beras ketan dan garam, barulah ikan ini digoreng dan siap disantap. Bagi pecinta pedas bisa juga dimasak dengan cabai dan gula.

Itulah beberapa makanan khas kalimantan yang harus anda coba jika sedang berwisata ke kalimantan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *