Kalian mungkin saja pernah mengetahui kacang kedelai, namun apakah kalian pernah mengetahui kedelai hitam? kedelai hitam mempunyai bermacam macam manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang ada pada kedelai hitam tidak kalah dengan kedelai putih yang lebih sering kita konsumsi.

Kedelai hitam pada mulanya merupakan kacang kedelai yang mempunyai warna yang cukup gelap. Namun begitu, kandungan nutrisi yang terdapat pada kedelai hitam tidak terlalu jauh berbeda manfaatnya, Berikut ini merupakan beberapa manfaat kedelai hitam bagi kesehatan tubuh kalian:

1. Dapat menurunkan berat badan

Kedelai pada umumnya sering diolah menjadi cemilan yang sehat dengan jumlah kalori yang rendah bagi seseorang yang sedang dalam program diet. Sebab, Protein yang terdapat didalam kedelai bisa menjadi serat yang dapat membuat kalian bisa kenyang lebih lama dan juga menjadi sumber energi.

Kalian juga bisa dapatkan manfaat yang serupa dari kedelai hitam. Kacang padat yang satu ini mempunyai nutrisi yang tinggi bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan bisa stabilkan nafsu makan kalain dengan begitu asupan kalori kalian bisa lebih terkontrol.

Kedelai hitam juga adalah bahan pangan yang mempunyai kandungan tinggi antioksidan, mineral, vitamin, serat serta protein. Dengan manfaat yang begitu banyak, baik bagi kesehatan tulang, jantung bahkan dapat menurunkan berat badan kalian.

2. Dapat menjaga kesehatan tulang

Kedelai hitam mempunyai kandungan zinc, zat besi, fosfor, magnesium, dan kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang kalian. Kalsium pada kedelai hitam dapat membuat struktur tulang agar tetap kuat.

Sedangkan , zinc dan zat besi yang sangat diperlukan dalam menjaga kelenturan dan kekuatan pada sendi dan tulang. Dengan mengkonsumsi kedelai hitam dapat memenuhi kebutuhan penting bagi kesehatan tulang kalian.

3. Berpotensi mencegah kanker

Manfaat dari konsumsi kacang kedelai hitam yang masih jarang orang ketahui adalah dapat mencegah berbagai macam kanker. Kedelai hitam mempunyai antioksidan, beberapanya adalah saponin dan antosianin. Antosianin adalah senyawa yang membuat warna gelap di kedelai hitam.

Antosianin diyakini bisa menghambat kembanya tumor pada rahim, ovarium, prostat, perut, payudara, dan juga usus. Selain itum saponi juga dapat mencegah masuknya sel kanker ke dalam aliran darah sehingga dapat menghambat penyebaran ke dalam tubuh lainnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *