Manfaat Daun Kenikir Untuk Ibu Menyusui Dan Penderita Diabetes

Daun kenikir sering dijumpai pada makanan pecel atau juga pada makanan lalalapn. Membuat cita rasa makanan terasa nikmat saat dimakan. Selain lezat kenikir juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun kenikir merupakan tanaman yang didapatkan dari pohon kenikir. Daun kenikir bisa dimakan mentah atau dijadikan lalapan pada makanan. Daun kenikir kaya asam askorbat juga klorogenik. Berikut kandungan yang ada pada daun kenikir tersebut, seperti magnesium, tokofenol, flavonoid, magnesium, saporin, vitamin A, C, E, kuersetin, terpenoid juga protein.

Manfaat Daun Kenikir Untuk Ibu Menyusui Dan Penderita Diabetes
Manfaat Daun Kenikir Untuk Ibu Menyusui Dan Penderita Diabetes

Daun kenikir bukan hanya dapat dijadikan tanaman hias, namun daun kenikir memiliki berbagai manfaat kesehatan,
berikut ini beberapa manfaat daun kenikir untuk kesehatan tubuh yang baik untuk ibu menyusui dan penderita
penyakit diabetes :

1. Meningkatkan nafsu makan
Tidak menyangkanya jika daun kenikir dapat meningkatkan nafsu makan, untuk meningkatkan berat badan tentu membutuhkan makan, tetapi daun kenikir menjadi makanan yang baik untuk menambah nafsu makan. Daun kenikir mengandung kuersin bisa menambah nafsu makan dan baik untuk diberikan untuk yang mengalami kekurangan berat badan dan sulit makan.

2. Mengatasi bau mulut
Mengandung alkohol koniferil pada daun kenikir bermanfaat menjadi anti bakteri juga dapat membersihkan lidah juga air liur dari berbagai kuman, dalam makanan yang dikonsumsi juga terdapat kuman yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata masuk juga menempel pada lidah. kuman tersebut penyebab terjadinya bau mulut, cukup mengunyah daun kenikir kurang lebih 30 detik lalu berkumur dengan bersih.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun kenikir mengandung vitamin A, C, E yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan berdampak pada peningkatan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Selain vitamin juga ada protein makro yang ada pada daun kenikir. Protein tersebut dapat melindungi tubuh akan serangan kuman kuman penyakit juga virus. Fagosit yang ada pada daun kenikir dapat mengalahkan bakteri juga virus didalam tubuh.

4. Menguatkan tulang
Daun kenikir mengandung mineral kalsium juga magnesium yang bisa menguatkan tulang tubuh. Selain bisa langsung dimakan air rebusan daun kenikir juga dapat diminum bisa ditambahkan madu atau pemanis yang dapat memenuhi kebutuhan magnesium juga kalsium untuk tulang tubuh.

5. Mengatasi masalah payudara dikarenakan menyusui
Ibu menyusui biasanya mengalami masalah seperti bengkak pada payudara juga Air Susu Ibu (ASI) tidak dapat berhenti menetes. Dengan konsumsi daun kenikir masalah tersebut dapat diatasi. Bakar daun kenikir dengan api kecil dan oleskan pada sekitar payudara.

6. Mengobati maag
Mengandung takoferol yang dapat menetralkan asam lambung. Selain dapat menetralkan asam lambung takoferol pada daun kenikir dapat menguatkan otot perut. Untuk mengobati penyakit maag dapat merebus daun kenikir ditambahkan sedikit garam kemudian minum air tersebut.

7 Mengobati diabetes
Daun kenikir dapat membantu mengobati diabetes, mengandung asam karbonat, katekin, kuersetin, asam klorogenik juga proanthocyanidin dapat mengurangi stres, meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *