Negara Boneka Ciptaan Jepang Di Masa Lalu

Pada Perang Dunia I dan perang Dunia II banyak negara jajahan dulunya dikuasai sekutu dan akhirnya berhasil direbut Jepang, lalu negara ini dijadikan menjadi negara boneka dengan dijanjikan sebuah kemerdekaan.

Negara Boneka Ciptaan Jepang Di Masa Lalu
Negara Boneka Ciptaan Jepang Di Masa Lalu

Jepang bertujuanĀ  membuat negara itu secara tidak langsung agar menguasai negara tersebut juga meminta mereka berterima kasih dan memberi loyalitas untuk Jepang.

Tetapi pada kenyataannya itu hanya sebuah tipu daya juga merupakan kebohongan belaka, mereka masih tetap menjadi negara jajahan Jepang, tetapi disuruh melakukan fungsinya melalui pengawasan sangat ketat, agar dijadikan basis dalam operasi Jepang menguasai seluruh wilayah di Asia ini.

Tetapi pada akhirnya negara boneka Jepang itu penghancur saat Jepang runtuh dan hancur, dan berikut negara boneka hasil ciptaan Jepang.

Manchuria

Satu dari wilayah Tiongkok sudah dikuasai Jepang sekitar tahun 1932 juga merupakan negara boneka pertama didirikan oleh Jepang juga sudah diakui oleh 23 Negara pada saat tersebut.

Bersama negara itu Jepang mempunyai banyak akses menuju Tiongkok juga Eropa dalam usahanya memperluas wilayah kekuasaan, namun setelah perang dunia II usai, negara ini pada akhirnya dikuasai oleh Uni Soviet karena kepentingan ekonomi nya. Tetapi pada akhirnya beberapa tahun setelahnya Manchuria diserahkan kembaliĀ  untuk Tiongkok.

State of Burma

Burma adalah negara jajahan Inggris, Tetapi setelah diinvasi Jepang tahun 1945 kemudianĀ  inggris kalah lalu menyerahkan negara itu kepada Jepang. Dan pada akhirnya Jepang membuat negara boneka barunya juga berjanji kepada Rakyat Burma akan melepaskan mereka dari genggaman bangsa Eropa.

Alasan sebenarnya Jepang untuk negara Burma hanyalah merebut hasil bumi disana, Jepang mengambil ladang minyak juga beberapa mineral penting di B urma. Jepang juga membuat negara ini hanya untuk mendapatkan jalan masuk menuju Tiongkok agar membantai pasukan Tiongkok secara diam.

Selesai Jepang runtuh tahun 1945 negara ini juga ikut runtuh dan pada akhirnya dikuasai para radikal.

Second Philippine Republic

Tahun 1942 Jepang sukses masuk negara ini juga sukses membubarkan sistem Republik yang dibentuk Inggris. Jepang juga berhasil menciptakan presiden pertama juga terakhir Jose P Laurel yang merupakan presiden boneka Jepang.

Pada akhirnya negara itu bubar setelah tiga tahun membuat Filipina menjadi sumber ladang panen dan bisa dimanfaatkan setiap saatnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *