Banyak orang yang bilang bahwa wabah corona virus telah diklasifikasikan oleh pandemi global tersebut, yang telah mengeluarkan sisi terbaik dan terburuk pada manusia. Mulai dari ketamakan orang yanng melakukan penimbunan barang-barang keperluan setiap hari dan juga masker, hingga perilaku rasis dengan cara dalih virus yang seolah-olah dianggap wajar dengan kondisi pada saat ini. Akan tetapi di sisi lainnya, kalian juga dapat menyaksikan begitu hebatnya orang-orang yang mengorbankan dirinya untuk berani dalam berjuang untuk melawan krisis tersebut. Para perawat merupakan salah satunya.

Selama ini sebagai profesi perawat selalu kelihatan lebih kurang mendapatkan apresiasi, yang selalu berada pada bayang-bayamg dokter. Sebenarnya pekerjaan sebagai perawat ini pun sama beratnya, dimana mereka harus adanya pengorbanan untuk menyelamatkan pasien. Pada saat zaman perang dunia dulu, para perawat sangat mempunyai peran penting dalam merawat prajurit-prajurit yang mengalami luka. Pada saat ini juga perang melawan pandemi tak akan bisa menang bila tidak ada mereka. Telah ada waktunya mereka dalam mendapatkan penghargaan dan apresiasi yang sepatutnya.

Tidak bisa dimungkiri, bahwa profesi yang satu ini masih saja dipandang sebelah mata. Masih ada banyak orang yang anggap bahwa perawat hanya mendampingi dokter, sebenarnya perawat mempunyai peran yang sangat penting dalam urusan untuk selamatkan nyawa manusia. Memang dokter yang memiliki peran untuk memberikan diagnosis, mengambil tindakan dan juga memberikan resep obat. Akan tetapi perawatlah yang tanggung jawab dalam memastikan keadaaan pasien setiap waktunya. Mereka yang merawat pasien dengan baik, bisa berhari-hari bahkan sampai pasien benar sembuh.

Bukan hal yang tidak umum lagi, bila sekolah kedokteran memang cukup sulit, mahal dan lama. Dengan ketiga faktor tersebutlah yang bisa membuat dokter menjadi profesi yang sangat dihargai. Akan tetapi proses untuk menjadi seorang perawat bukan hal yang mudah. Dimana perawat diharuskan untuk belajar mengenai pelayanan altruistik dan humanistik.

Pelayanan altruistik dan humanistik merupakan pelayanan menjunjung tinggi menitikberatkan kepentingan para pasien daripada pribadi perawat dan juga nilai nilai kemanusiaan. Perawat ada belajar mengenai peka dan memperhatikan hal-hal kecil yang dialami oleh pasien dan juga dasar-dasar dari ilmu medis.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *