Batu empedu merupakan batuan yang terbentuk dari cairan buang lain, kolestrol, lemak yang telah mengeras pada dalam kantong empedu. Dengan tidak dirawat, batu empedu bisa sebabkan komplikasi, kanker kantong empedu atau peradangan merupakan salah satunya. Dengan begitu kalian perlu untuk waspada pada gejala batu empedu.

Seperti yang disampaikan oleh Jordan Knowlton, yang merupakan perawat ahli bahwa batu empedu terbentuk dari kombinasi bilirubin, kolesterol, garam empedu. Di awal akan terbentuk batu yang kecil dan juga sedikit dengan begitu tidak akan munculnya gejala yang tidak begitu berarti. Akan tetapi bila batu empedu yang semakin membesar akan munculkan bermacam gejala yang sangat mengganggu. Berikut ini merupakan gejala yang perlu kalian ketahui:

1. muntah dan mual

Dengan adanya batu bisa sebabkan peradangan ringan di empedu. Di kasus peradangan yang kronis, kantong empedu risiko timbulkan jaringan kaku dan parut. Sehingga munculnya efek yang bisa sebabkan diare kronis, kembung setelah makan, perut terasa mual, serta muntah. Gejala muntah dan mual ketikan terdiagnosis batu empedu biasanya sering terjadi pada kondisi radang pankreas atau pankreatiti.

2. Terasa nyeri pada bagian perut kanan atas

Gejala pada batu empedu yang paling sering dan kalian bisa rasakan dengan rasa nyeri pada perut kanan atas kalian. Gejala tersebut sering dinamakan kolik bilier. Dengan semakin besar dan banyak batu empedu yang telah terbentuk pada dalam kantong empedu, makin juga tinggi risiko sebabkan saluran pada empedu menjadi tersumbat. Sumbatan batu bisa sebabkan cairan empedu tidak dapat mengalir dengan lancar sampai ke usus kecil. Hal tersebut tentunya akan mengganggu sistem kerja empedu.

Terasa nyeri pada perut kanan atas merupakan salah satu dampak dari adanya penyumbatan di saluran atau kantong empedu. Sakit perut dari khas gejala batu empedu yang akan cenderung muncul di malam hari. Terutama pada seseorang yang konsumsi makanan dengan porsi besar sebelum tidur.

Sakit perut yang merupakan tanda dari batu empedu bisa dirasakan di bagian perut sebelah kiri. Gejala tersebut bisa terjadi dikarenakan batu empedu telah sampai halangi jalan yang menuju ke pankreas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *