Selain menggunakan niat dan tekad yang sangat kuat pada diri sendiri, terkadang kalian perlu untuk bantuan dari dokter agar bisa berhenti merokok. Dengan bersamaan terapi dari dokter, umumnya dokter akan merekomendasikan beberapa atau kombinasi dari obat tertentu agar bisa membantu kalian untuk berhenti merokok. Akan tetapi, apakah ada obat agar bisa berhenti merokok yang tersedia di apotik?

Pada umumnya, ada beberapa macam obat yang dapat dibeli di apotik agar bisa membantu kalian terbebas dari rokok. Walaupun begitu, obat-obatan tersebut tidak dapat dikonsumsi atau dibeli dengan sembarang sebab membutuhkan rekomendasi dan resep dari dokter.

1. Clonidine

Clonidine merupakan obat yang digunakan agar bisa turunkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi, obat tersebut ada tersedia di apotik sebagai salah satu alternatif agar bisa berhenti merokok. Walaupun begitu, obat yang satu ini juga membutuhkan resep dari dokter.

Umumnya obat tersebut diminum dua kali sehari atau juga bisa digunakan sebagai koyo (patch) yang akan diganti selama seminggu sekali. Clonidine akan dapat mulai muncul setelah diminum sekitar 3 hari sebelum hentikan merokok. Akan tetapi, clonidine tidak dapat dihentikan begitu saja, namun harus turunkan dosisnya telebih dahulu. Penurunan dosis memiliki tujuan supaya bisa mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah yang cepat, perasaan gelisah, termor, dan linglung.

clonidine juga mempunyai efek samping seperti rasa lemas yang tidak biasa atau kelelahan, mulut kering, kantuk, pusing, bahkan sembelit.

Agar bisa terhindar dari efek samping yang tidak kalian inginkan, dokter akan tetap awasi tekanan darah kalian ketikan penggunaan obat tersebut agar bisa berhenti merokok.

2. Nortriptyline

Obat yang satu ini termasuk ke dalam golongan antidepresi yang dapat membantu kalian untuk mengurangi gejala pengurangan pada tembakau.

Seperti yang dilansir dari American Cancer Society, bahwa nortiptyline telah terbukti tingkatkan keberhasilan bagi seseorang yang ingin berhenti merokok. Hal tersebut dibandingan dengan orang yang tidak mengkonsumsi nortiptyline.

Obat tersebut biasanya dikonsumsi 10 hingga 28 hari sebelum seseorang untuk berhenti merokok. Hal tersebut supaya kadar obat bisa stabil di dalam tubuh.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *