Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh bisa lebih rileks dan juga dapat melatih kelenturan pada otot tubuh. Namun, bila kalian lakukan dengan sebarangan, yoga malah bisa membuat kalian cedera. Dengan begitu, simaklah cara untuk mencegah terjadinya cedera ketika yoga, agar olahraga kalian bisa lebih maksimal dan bermanfaat.

Pada penelitian di Amerika menyampaikan bahwa ada sekitar 30% orang yang pernah alami cedera pada saat yoga. Kebanyakan orang yang cedera adalah kelompok orang lansia dengan mempunyai risiko cedera yang lebih tinggi. Sekitar 46% cedera do bagian pusat tubuh atau bagian batang tubuh yang kebanyakan karena kesleo. Dengan begitu, perlu untuk beberapa cara agar bisa mencegah terjadi cedera ketika melakukan yoga.

Umumnya, yang sering mengalami cedera adalah orang yang telah berumur diatas 65 tahun. Hal ini disebabkan karena tulang mereka yang lebih rapuh. Namun, bukan hanya orang lansia saja yang dapat mengalami cedera, wanita dan pria yang lebih muda juga bisa cedera ketika melakukan yoga. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mencegah cedera pada saat melakukan yoga :

1. Ikuti instruksi dengan berurut

Usahakan agar tidak memulai olahraga yang satu ini dengan tidak benar. Kalian perlu untuk ikuti panduan yang telah tertera kalian agar bisa turunkan risiko cedera ketika melakukan yoga. Bila kalian masih pemula, Mulailah menggunakan tingkatan yang masih pemula. Kalian mungkin mempunyai kemampuan dalam melakukan gerakan yang sulit. Namun kalian tidak ada salah dengan tetap melakukan dengan aman agar tidak dapat terjadinya hal yang tidak diinginkan.

2 Mulailah dengan pose termudah

Pose vinyasa merupakan salah satu pose yang sangat terkenal pada dunia yoga. Dengan begitu, supaya bisa dapatkan hasil lebih maksimal, sebaiknya gabunglah dengan group yang lebih sedikit orang, dengan begitu instruktur bisa lebih memberikan arahan dan pengawasan yang lebih baik.

Hal tersebut tentunya akan bisa kurangi risiko cedera sebab kalian akan dapat lebih jelas untuk dengarkan arahan dari instruktur dan bisa lebih ikuti gerakan dengan perlahan. Selain dari pada itu, hot yoga atau disebut dengan pose Bikram yang dapat timbulkan efek panas, dehidrasi serta dapat timbulkan kram otot untuk pemula.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *